Surface Laptop, Windows 10 S dan Semua Hal Baru dari Microsoft

Kategori: RilisTag: , , Penulis:

Microsoft mulai dari awal, menginginkan semua laptop dan perangkat lunaknya mendapat tempat utama dibidang pendidikan. Tujuannya sudah jelas, ingin merebut dan menjatuhkan posisi Chromebook milik Google yang sudah dikenal aman bagi siswa untuk menjelajah web. Saat ini Chromebook menjadi pilihan utama disekolah-sekolah (khususnya di Amerika Serikat). Menurut Google, ada lebih dari 20 juta siswa yang menggunakan Chromebook.

Surface Laptop

Microsoft memperkenalkan Surface Laptop untuk sebagai pesaing MacBook Air. Dijual dengan harga diatas Rp 10 juta-an. Spesifikasi CPU Intel Core i5, RAM 4GB dan SSD 128GB. Baterai diklaim bisa bertahan 14 jam, ukurannya 13-inci dan berat 1.25 kg serta layar touchscreen dengan dukungan Surface Pen. Hadir dalam empat varian warna yakni: silver, emas, burgundy dan abu-abu.

Windows 10 S

Sistem operasi yang ditujukan khusus untuk memberi keamanan bagi siswa dan guru. Microsoft mengatakan waktu booting lebih cepat dan menawarkan kinerja baterai yang lebih baik. Windows 10 S hanya bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di Windows Store.

Apabila ingin lebih leluasa menginstal aplikasi lain pengguna bisa mengupgrade ke Windows 10 Pro, dikenakan biaya sekitar Rp 600-an. Setelah di upgrade maka tidak bisa downgrade lagi ke Windows 10 S.

Surface Laptop bukan satu-satunya perangkat yang menggunakan Windows 10 S. Acer dan HP adalah dua produsen yang ikut menjual laptop Windows 10 S dengan harga lebih murah. Sebagai awal, Acer menghadirkan Acer Travelmate Spin B1 dan HP menghadirkan HP ProBook x360 11 Education Edition. Kedua laptop tersebut telah menggunakan Windows 10 S dijual mulai dari Rp 3-jutaan.

Pembaruan Minecraft edisi pendidikan

Microsoft berharap siswa belajar menggunakan Minecraft sebagai blok bagunan untuk belajar pemprograman komputer. Fitur yang ditambahkan adalah Code Builder, memungkinkan menulis koding dengan fungsi untuk menggerakkan dan membangun dalam bentuk permainan.

Sumber, CNET.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*